-->

BLOGSPOTTEMPLATE.COM kumpulan template menarik dan gratis bagi para blogger...

inpoduma.blogspot.com

Pertama kali membuat website/homepage sudah pasti bingung mau lakukan kegiatan apa dulu. Nanti diisi apa ya… Hiasan gimana ya…Artikelnya gimana ya… Menurut saya yang pertama kali didesain adalah template-nya, Karena template merupakan bagian awal pembuatan web. Kebetulan blog yang saya buat ini menyediakan template-nya pada alamat BLOGSPOTTEMPLATE.COM dan tersedia beragam tema sesuai keinginan kita.

Template bagi para blogger

Cara membuat flash(*.swf) transparant

inpoduma.blogspot.com

Bagaimana membuat flash(*.swf) transparant ? Ada dua cara yaitu pertama dengan cara meng-ekspor-nya menjadi file transparan dan mem-publish-nya melalui Macromedia Flash. Cara kedua dengan menambah kode pada HTML-nya.

Flash Transparan

Dasar Pengetahuan tentang Internet

On Rabu, Desember 09, 2009

Internet suatu jaringan komputer yang terdiri dari ribuan jaringan komputer di seluruh dunia (worldwide). Tidak ada orang yang tahu jumlah komputer yang terkoneksi dengan internet. Tentunya ada jutaan komputer ya... :D

Semua komputer yang terkoneksi dengan Internet menggunakan Transmission Control Protocol/Internet Protocol disingkat TCP/IP dan menggunakan arsitektur/struktur client server. Arsitektur client server ini menandakan system client (file dan service) dapat dikendalikan melalui servernya.


Suatu koneksi internet mempunyai akses ke beberapa service : electronic mail, file transfer, vast information resources, interest group membership, interactive collaboration, multimedia displays, real-time broadcasting, shopping opportunities, breaking news dan banyak lainnya.

Internet mempunyai banyak komponen utama dari access protokol. Protokol ini yang memberi akses ke user untuk membuka fasilitas atau fitur-fitur dari penggunaan internet. Komponen dari internet sendiri sebagai berikut :
1. WORLD WIDE WEB
World Wide Web (disingkat sebagai Web atau WWW) adalah sebuah sistem dari server internet yang mendukung hypertext untuk mengakses beberapa protokol Internet pada suatu form(interface). Hampir setiap jenis protokol yang tersedia di Internet dapat diakses di Web termasuk e-mail, FTP, Telnet, dan Usenet News. Selain itu, World Wide Web memiliki protokol: hypertext Transfer Protocol atau HTTP.

World Wide Web menyediakan sebuah interface untuk mengakses semua protokol. Hal ini membuat nyaman. Tidak ada lagi yang diperlukan untuk menjadi mahir di dalam menggunakan protokol ini. Web menggunakan protokol ini ke dalam satu sistem. Karena fitur ini mempunyai kemampuan untuk bekerja dengan multimedia dan bahasa pemrograman tertentu.

Pengoperasian Web bergantung pada hypertext sebagai sarana informasi. Hypertext adalah dokumen yang mengandung kata-kata yang terhubung ke dokumen lainnya. Kata-kata ini disebut link dan dipilih oleh user. Satu dokumen hypertext dapat mengandung link ke berbagai dokumen. Dalam konteks web, kata atau grafis berfungsi sebagai link ke dokumen lainnya bisa seperti gambar, video, dan suara. Link dibuat untuk koneksi oleh pembuat sumber dokumen. Secara keseluruhan, Web berisi kompleks virtual web dari koneksi yang luas di antara jumlah dokumen, gambar, video, dan suara.

Memproduksi hypertext untuk Web dicapai adalah dengan membuat dokumen dengan bahasa disebut hypertext markup language, atau HTML. Dengan HTML, tag diletakkan di dalam teks untuk melakukan pemformatan dokumen, fitur visual seperti ukuran font, miring dan tebal, dan penciptaan hypertext link. Grafis dan multimedia yang juga dapat dimasukkan ke dalam dokumen HTML. HTML adalah bahasa yang sering digunakan. World Wide Web Consortium (W3C), dipimpin oleh pendiri Web Tim Berners-Lee, dalam upaya standardizing HTML. W3C panggilan yang sekarang bahasa XHTML dan dipertimbangkan untuk menjadi salah satu aplikasi dari bahasa standar XML.

World Wide Web terdiri dari file, yang disebut halaman yang berisi link ke dokumen Internet.

Web menyediakan fitur termasuk presentasi multimedia, halaman interaktif, radio dan siaran televisi, dan otomatis "push" informasi ke komputer klien. Bahasa pemrograman seperti Java, JavaScript, Visual Basic, Cold Fusion dan XML adalah memperluas kemampuan Web. Jumlah informasi di web yang tumbuh secara dinamis dari konten yang tersimpan dalam database.

2. E-mail
Surat elektronik, atau e-mail, memungkinkan pengguna komputer lokal dan di seluruh dunia untuk bertukar pesan. Setiap pengguna e-mail memiliki alamat surat ke mana pesan akan dikirim. Pesan yang dikirim melalui e-mail dapat diterima dalam waktu hitungan detik.

E-mail merupakan pilihan untuk mengirimkan file elektronik ke orang alamat e-mail.

3. TELNET
Telnet adalah program yang memungkinkan Anda untuk login ke komputer di Internet dan menggunakan database online, katalog perpustakaan, layanan chatting, dan banyak lagi.

Telnet tersedia di World Wide Web. Mungkin yang paling umum berbasis web yang tersedia melalui Telnet telah katalog perpustakaan, meskipun sebagian besar katalog ada sejak bermigrasi ke Web. Sebuah program Telnet harus diinstal di komputer anda dan dikonfigurasi untuk web browser anda untuk bekerja.

Dengan semakin meningkatnya popularitas Web, Telnet telah menjadi lebih jarang digunakan sebagai alat untuk mengakses informasi di Internet.

4. FTP
FTP singkatan dari File Transfer Protocol. Ini adalah salah satu metode yang digunakan untuk mentransfer file antara satu komputer dengan komputer yang lain. Pemakaian FTP sebagai salah satu pilihan yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer file dari ribuan host komputer di internet ke komputer pribadi.

Jika komputer Anda terhubung langsung ke Internet melalui kabel Ethernet, Anda dapat menggunakan salah satu dari beberapa program perangkat lunak PC, seperti WS_FTP untuk Windows, untuk melakukan transfer file.

FTP transfer dapat dilakukan di World Wide Web tanpa perlu software khusus. Kapanpun Anda men-download sesuatu dari sebuah situs Web ke komputer lokal Anda, Anda menggunakan FTP. Anda juga dapat mengambil FTP file melalui search engine seperti FtpFind, yang ada di / http://www.ftpfind.com/. Software ini mudah karena Anda tidak perlu mengetahui perintah dari program FTP.

5. E-MAIL DISCUSSION GROUPS
Salah satu keunggulan Internet adalah kesempatan ini menawarkan kepada orang-orang di seluruh dunia untuk berkomunikasi via e-mail. Internet adalah tempat komunitas yang besar masyarakat dari individu-individu yang aktif melakukan diskusi yang diselenggarakan pada topik forum-forum melalui e-mail.


6. USENET NEWS
Usenet News adalah forum global di mana jutaan pengguna komputer bertukar informasi yang luas mengenai berbagai topik. Perbedaan utama antara Usenet News dan e-mail diskusi adalah kenyataan bahwa di Usenet pesan akan disimpan ke pusat komputer, dan pengguna harus terhubung ke komputer untuk membaca atau mendownload pesan yang diposting ke grup ini. Berbeda dengan e-mail diskusi, dimana pesan masuk pada alamat email masing-masing anggota.


7. FAQ, RFC, FYI
FAQ adalah Frequently Asked Questions. Ini adalah periodik posting ke Usenet newsgroup yang berisi banyak informasi yang terkait dengan topik dari newsgroup. Banyak FAQs cukup luas. FAQs tersedia oleh berlangganan setiap Usenet newsgroup. J berbasis web kumpulan FAQ telah dikumpulkan oleh Internet Konsorsium FAQ dan tersedia di / http://www.faqs.org/.

RFC singkatan dari Request for Comments. Ini adalah dokumen yang dibuat oleh dan didistribusikan ke Internet untuk membantu masyarakat menyampaikan permintaannya di Internet.

FYI berarti For Your Information dan merupakan bagian dari RFC yang berisi informasi baru yang menarik untuk pengguna Internet.

Link info ada pada sumber informasi yang tersedia di situs University Libraries Website di http://library.albany.edu/reference/faqs.html.

8. CHAT & INSTANT MESSENGING
Chat memungkinkan pengguna di Internet untuk berkomunikasi satu sama lain dengan mengetikkan secara real time. Mereka kadang-kadang memasukkannya sebagai fitur dari situs Web, di mana pengguna dapat masuk ke dalam "chat room" untuk bertukar komentar dan informasi mengenai topik yang ditujukan pada situs.

Internet Relay Chat (IRC) adalah layanan komunikasi satu sama lain pada ratusan saluran. Saluran ini biasanya berisikan topik khusus. Untuk mengakses IRC, anda harus menggunakan perangkat lunak program IRC.

Sebuah variasi dari chatting adalah fenomena instant messenging. Dengan program Instant messenging, pengguna di Web dapat menghubungi pengguna lain. Paling terkenal adalah America Online's Instant Messenger. ICQ, MSN dan Yahoo lainnya yang umumnya digunakan-program chatting.

9. MUD/MUSH/MOO/MUCK/DUM/MUSE
MUD berarti Multi User Dimension. MUD digunakan pada multi-user virtual reality game berdasarkan simulasi alam. Isi permainannya Tradisional berbasis teks, grafis. Semua game jenis MUDs ada di Internet, dan dapat bergabung secara gratis.

0 Response to "Dasar Pengetahuan tentang Internet"

Posting Komentar

    Catatan Terbaru

    Search Engine paling populer

    ;